ZULKIFLI : FORMAT SOAL UJIAN MID SEMESTER GENAP MTI CANDUNG TP.2014/2015 ALAMI PERUBAHAN

Rabu, 11 Februari 2015 M - 22 Rabi'ul Akhir 1436 H
Penulis : Khairun nisa'

MTI CANDUNG-JUSTIC

Format naskah soal ujian untuk guru

Hai Readers Justic, kali ini penulis akan hadirkan berita mengenai perubahan format soal Ujian MID (tengah) Semester Genap TP.2014/2015 di MTI Candung yang akan diadakan tanggal 1-8 Maret 2015 mendatang. Format naskah soal ujian MID Semester adalah format mengenai soal seperti apasajakah yang musti ada dalam pelaksanaan MID Semester kali ini. Format soal ini berdifferesiansi seperti halnya Kurikulum di MTI Candung saat ini. Format naskah soal ujian ini ditetapkan oleh Zulkifli S.Pdi MA dan dibagikan kepada seluruh guru pada kamis (5/02) dalam bentuk sebagai berikut :
1. Membuat satu paragraf teks Kitab Kuning
yang diajarkan kepada santri dan    Memberi harkat pada teks.
2. Menentukan kata-kata tertentu  yang akan di i'rab, diberi sighat, mahl i'rab jenis kalimatnya.

  Soal ini berlaku untuk seluruh mata pelajaran Kitab di MTI Candung dan untuk seluruh tingkatan kelas (1-7). Bahkan khusus untuk soal Ushul Fiqh, Mantiq, Balagah dan Qawa'id fiqh santri diperintahkan untuk menentukan jenis kalimatnya sesuai konteks pelajaran yang ada. Misalnya, memfaedahkan Lafadz 'amm atau takhsis kah kalimatnya (Ushul Fiqh), tentukan mahmul dan maudhu' kalimat (mantiq).

Selanjutnya, santri disuruh menerjemah berdasarkan arti per kata dan berdasarkan kedudukan I'rab kalimat yang menjadi kajian teoritis dari Kitab yang didajarkan. Terakhir, santri disuruh menjawab pertanyaan yang disediakan sesuai konteks pembahasan pembelajaran masing-masing santri.

Format Naskah Ujian baru ini juga berlaku untuk mata pelajaran umum di MTI Candung, analisa mengenai pembelajaran gerak rotasi pada Fisika dikaitkan dengan ayat Al-qur'an. Begitu pula Konsep Polinomial dalam matematika, ayat tersebut nanti yang akan mengisi kertas putih para santri.

Dengan konsep seperti ini, diharapkan santri mampu berfikir kritis namun teoritis, befikir di luar konteks pun bisa menjadi acuan pembelajaran dengan sistem kurikulum yang seperti ini sehingga kelak mampu menghasilkan santri yang Cerdas dalam Lingkup yang tiada batasannya menggali kitab-kitab para Mujtahid dan berpegang teguh pada Al-qur'an dan Sunnah Rasulullah SAW. Dan Insyaallah Alumni MTI Candung kedepan siap terjun ke kancah apapun yang dibutuhkan masyarakat bahkan kancah Internasional kelak. Ammmiinn IJUSTIC
Justic Media

Situs ini adalah ruang publikasi berita dan informasi dan karya seni santri-santri Pondok Pesantren MTI Canduang, Agam, Sumatera Barat, Indonesia yang dikelola oleh Jurnalis Santri Tarbiyah Islamiyah Canduang sejak Selasa 07 Agustus 2007

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama